Home Bisnis 10 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

10 Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

0 Shares

Menjadi seorang ibu adalah hal yang wajar dan tidak bisa dihindari oleh setiap wanita. Sebab, wanita memang sejatinya akan berada di rumah mengurusi anak-anak dan pasangan hingga orang tua mereka. Bahkan, sebagian suami memang menginginkan pasangan atau istri mereka menetap di rumah alias menjadi ibu rumah tangga. Hanya saja, tidak semua ibu rumah tangga bisa tetap betah di rumah tanpa adanya kesibukan lainnya. Jika anda adalah adalah satunya, maka jangan khawatir berikut akan dibahas mengenai bisnis rumahan berbasis ekonomi kreatif.

Kenapa Menggunakan Pedoman Ekonomi Kreatif?

Sebab, di negara Indonesia sendiri sudah mulai dikembangkan sistem ekonomi kreatif tersebut. Apalagi untuk daya saingnya yang lebih tinggi. Membuat banyak masyarakat seperti ibu-ibu rumah tangga berusaha mencari salah satu atau beberapa ide bisnis unik. Bayangkan saja jika anda menemukan ide bisnis kreatif yang mungkin belum pernah dikemukakan sebelumnya. Tentu akan membuat banyak orang menjadi penasaran, bukan? Apalagi jika bisnis tersebut termasuk bisnis yang diperlukan banyak orang. Nah, bisa dibayangkan bagaimana dan seberapa banyak yang nanti meminatinya, kan? Inilah alasan mengapa ekonomi kreatif sering dijadikan acuan dasar membangun sebuah bisnis.

Pilihan Bisnis Rumahan Berbasis Ekonomi Bisnis

Jika dikembangkan, tentu ada banyak ide-ide bisnis terutama bisnis rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga. Sebab, anda bisa berkreasi sebanyak mungkin dan mengembangkannya. Seperti beberapa pilihan contoh bisnis rumahan di bawah ini:

1. Daur Ulang Sampah

Sampah yang kerap kali dibuang dan dianggap sebagai bahan tidak bernilai sebenarnya memiliki banyak potensi untuk dijadikan sebagai ladang uang. Tahukah anda ada banyak ibu rumah tangga yang berhasil hanya dengan bisnis olahan sampah tersebut. Baik berupa sampah kayu, plastik maupun besi sama-sama bisa diolah dan didaur ulang. Caranya? Tentu membutuhkan imajinasi dan kreativitas tinggi. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika anda memiliki daya seni yang tinggi. Jika tidak ada anda juga bisa mencari panduan di internet, kok! Nah, hanya butuh mempersiapkan sampah untuk diolah beserta beberapa bahan lainnya, kan?

2. Kue dan Cemilan

Bukan rahasia umum lagi jika kue dan cemilan menjadi salah satu bisnis rumahan yang populer. Sebab, setiap orang pasti memiliki kecenderungan untuk ngemil dan mencicipi kue-kue lezat. Hanya saja, anda dituntut untuk bisa menghasilkan produk kuliner yang nikmat, tampilan yang eye catching serta harga yang bersaing. Namun, jika dilingkungan anda sudah ada beberapa pesaing kuliner konsep yang sama, jangan khawatir. Anda tetap bisa mengambil konsep dasar yang sama dengan pengembangan konsep. Tentu dengan menghasilkan produk-produk kuliner yang lebih kekinian dengan penamaan yang menarik.

3. MUA

Tahukah anda apa itu MUA? MUA ini merupakan istilah untuk Make Up Artist. Jadi, bisnis rumahan ini akan cocok untuk banyak ibu-ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, bukankah para wanita identik dengan kecantikan dan ingin selalu tampil menawan? Nah, mengembangkan kemampuan dalam mempercantik diri tersebut bisa dijadikan ladang uang. Apalagi jika hasil lukisan wajah kita sangat bagus dan mempesona, pasti banyak yang suka. Bisnis ini tergolong laris, karena ada banyak kesempatan dimana kita membutuhkan make up. Seperti acara nikahan, tunangan, pentas seni dan tari dan banyak kesempatan lainnya.

4. Laundry

Banyaknya pekerjaan dan kesibukan menjadi alasan mengapa orang-orang lebih memilih jasa laundry selain mencuci dan menyetrika sendiri pakaian mereka. Bisnis laundry rumahan ini juga menjadi ajang bisnis menarik dengan modal yang tidak banyak. Apalagi jika anda mengerjakannya sendiri. Agar terlihat lebih berbeda cobalah buat fitur untuk pemilihan parfum laundry bagi pelanggan. Apalagi jika ada fitur antar jemput, lebih disukai tentunya.

5. Penulis dan Penerjemah

Hal lainnya yang tak kalah modern dan mengacu kepada dasar ekonomi kreatif adalah bisnis penulisan dan penerjemah. Jangan anggap sepele bisnis ini. Nyatanya ada banyak permintaan terkait penulisan apalagi bagi pelajar hingga pekerja. Sebagai ibu rumah tangga, tentu usaha sampingan ini bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk menulis dan menjadi poin plus jika menguasai banyak bahasa. Sebab, anda bisa bekerja untuk menerjemahkan dokumen-dokumen berbahasa asing.

6. Obat-obatan dan Kecantikan

Obat-obatan dan beragam produk kecantikan juga menjadi kebutuhan banyak orang. Apalagi jika anda membuka usaha atau bisnis tersebut di lingkungan perumahan yang padat penduduk. Jika kelengkapan yang anda miliki tergolong menjanjikan, pastinya para tetangga akan lebih suka berbelanja di rumah anda tersebut. Bisnis ini tergolong minim budget dan mudah dikelola. Kenapa? Karena anda bisa menggunakan rumah anda untuk dijadikan tempat stok obat dan produk kecantikan tersebut. Cobalah untuk menyimpan obat-obatan yang sering dicari seperti obat sakit kepala, gigi, nyeri sendi, obat flu hingga obat demam. Untuk produk kecantikannya juga produk harian seperti bedak, lipstik, sabun, pembersih make up hingga paket produk kecantikan.

7. Bisnis Online

Jangan salah kaprah, dengan berbisnis online, bukan berarti kita harus selalu mengeluarkan modal besar. Bahkan, anda bisa memulai bisnis online tanpa modal, loh! Bukan berarti benar-benar tidak mengeluarkan modal ya. Tentu anda tetap membutuhkan modal seperti pembelian kuota internet untuk menjalankan bisnis online tersebut. Bagaimana caranya? Tentu dengan menggunakan layanan dorship dan affiliate.  Jika anda memulai sebagai dorshipper atau bisnis affliasi maka anda hanya perlu mencarikan pembeli dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal.

8. Penjahit

Walaupun banyak jenis pakaian yang dijual baik secara online dan offline, tetap saja pesona penjahit rumahan tidak pudar. Sebab, jika menggunakan jasa penjahit pelanggan bisa meminta jenis pakaian custom atau ukuran, motif, jenis bahan hingga desain sesuai dengan keinginan. Menjadi penjahit juga menjanjikan jika anda tetap belajar beragam desain dan motif pakaian kekinian. Semakin banyak model yang bisa anda jahit maka semakin populer jasa tersebut.

9. Penjual Pulsa

Bukan hal yang aneh lagi jika hampir semua orang mulai dari anak-anak dan orang dewasa membutuhkan pulsa, bukan? Sebab, memakai ponsel atau ponsel pintar adalah salah satu kebutuhan banyak orang. Nah, inilah alasan mengapa penjual pulsa kian menjamur. Namun, anda bisa menjadi yang berbeda dengan mengutamakan pelanggan. Misalnya saka dengan mengadakan fitur pembelian dan pembayaran pulsa secara online.

10. Video Editor

Perkembangan zaman membuat banyak orang memiliki beragam cara untuk mencari informasi dan hiburan. Misalnya saja dengan menonton video online. Jadi, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memberikan layanan video editor. Atau, anda bahkan bisa langsung terjun sebagai vlogger dan youtuber. Penghasilannya? Tentu semakin banyak yang menonton semakin tinggi peluang menghasilkan banyak uang.

Bagaimana? Ada banyak pilihan mudah bisnis rumahan berbasis ekonomi kreatif yang minim modal, bukan? Jadi, anda tetap bisa menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah.

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here