Home Bisnis 5 Langkah Sukses Memulai Usaha Wedding Organizer

5 Langkah Sukses Memulai Usaha Wedding Organizer

0 Shares

Menikah jadi salah satu fase dalam kehidupan yang pasti akan dijalani oleh setiap orang. Pentingnya momen menikah ini pastinya membuat orang berusaha semaksimal menjadikan acara pernikahan yang spesial untuk dikenang. Dari grafik perkembangan setiap tahun, dimana angka pasangan menikah yang setiap tahun mengalami peningkatan, muncul peluang usaha yang dapat dimanfaatkan dengan baik yakni sebagai wedding organizer atau dikenal dengan istilah WO.

Wedding organizer atau disingkat WO, menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi besar untuk meraup keuntungan. Alasan mendasar bisnis WO memiliki peluang besar yaitu karena peminatnya tinggi serta setiap orang pasti akan menjalani pernikahan sekali seumur hidup. Meskipun punya potensi pasar yang besar, pesaing yang sudah menjalani bisnis ini pun juga banyak dan pastinya sangat ketat.

Memulai usaha wedding oganizer tetap menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan meskipun pesaingnya banyak. Perlu pertimbangan yang tepat dalam memulai bisnis tersebut agar dapat masuk ke market dan bisa bersaing dengan banyak WO lainnya. Salah satu poin penting dari bisnis WO adalah modal usaha, yang sebenarnya bisa ditutup oleh nilai down payment (DP) besar di mana harus dibayarkan calon pengantin ketika menggunakan jasa WO tersebut.  Peluang yang masih terbuka ini dapat anda manfaatkan untuk segera memulai bisnis wedding organizer.

Kiat Memulai Usaha Wedding Organizer Yang Sukses

Di tengah pasar yang tinggi, pasti banyak juga pelaku usaha yang sudah mencoba untuk ikut bergelut di bisnis WO namun masih belum menemukan keberhasilan. Adanya kegagalan tersebut bisa menjadi pelajaran dan semangat untuk tetap yakni membuka bisnis WO karena memang kebutuhan di masyarakat masih sangat tinggi. Agar tidak gagal, tentu ada banyak pertimbangan penting ketika akan memulai usaha wedding organizer sendiri.

Persiapan dan pertimbangan merupakan bagian penting dalam memulai semua usaha termasuk WO. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal dengan matang agar bisa sukses dalam bisnis ini. Untuk memulai bisnis wedding organizer ini, ada beberapa kiat sukses yang dapat anda pelajari dan kembangkan sendiri melalui penjelasan di bawah ini.

1. Pahami Seluk Beluk Dunia Wedding Organizer

Langkah pertama yang dapat anda lakukan dalam memulai bisnis WO adalah memahami seluk beluk dunia wedding organizer secara tepat. Anda harus mengenai kondisi yang dibutuhkan untuk menjadi WO secara benar agar bisa memberikan layanan terbaik bagi calon pengantin. Ada dua hal yang perlu anda perhatikan untuk bisa memahami seluk belum dunia wedding organizer dan kebutuhan bisnisnya seperti disebutkan di bawah ini.

Cari pengalaman dengan WO lain

Anda sebaiknya punya pengalaman sebagai WO dalam sebuah acara pernikahan agar punya pemahaman mendasar terhadap aktivitas jasa WO. Cobalah untuk bergabung menjadi bagian dari komunikasi WO atau ikut kerja di salah satu WO agar bisa merasakan kondisi yang dibutuhkan menjadi seorang Wedding Organizer.

Lakukan Benchmarking Kompetitor Di Area Bisnis

Kiat sukses yang berkaitan dengan pemahaman seluk belum wedding organizer kedua adalah melakukan benchmarking. Aktivitas benchmarking tersebut dilakukan untuk melihat pesaing atau kompetitor dimana digunakan sebagai acuan. Benchmarking meliputi paket yang ditawarkan, harga jasa yang harus dibayar calon pengantin, bonus dan jaminan tertentu, dan analisa kelebihan dan kekurangannya. Data bechmarking tersebut digunakan untuk membuat jasa WO yang dimiliki lebih baik dibandingkan penyedia jasa lainnya.

2. Lakukan Kerja sama dan Selalu Mengikuti Perkembangan Wedding Organizer

Langkah lain setelah memahami seluk beluk wedding adalah memperhatikan dengan melengkapi lini layanan dan fasilitas yang dimiliki. Anda tidak harus menyediakan sendiri layanan yang menjadi fasilitas bisnis WO yang anda jalankan namun dapat melakukan kerja sama dengan vendor lain. Melakukan kerja sama tersebut jadi pilihan yang lebih baik karena tidak butuh modal tapi punya banyak alternatif fasilitas untuk calon pengantin.

Kerja sama antar vendor sudah menjadi hal wajar yang dilakukan dalam bisnis WO. Untuk dapat bekerja sama dengan berbagai vendor, cobalah bergaul dan melebarkan koneksi dengan para pelaku usaha WO lain. Mengikuti pameran, gabung dalam komunitas, dan terus mengupdate berbagai hal terkait wedding jadi langkah penting agar ada kerja sama menguntungkan untuk bisnis WO anda. Kerja sama dapat anda lakukan dengan pemilik catering, vendor dekorasi, venue, fotografer, tata rias, dan lainnya.

3. Gunakan Promosi yang Kreatif

Persaingan yang tinggi dalam bisnis WO menjadi tantangan yang harus dimenangkan oleh para pemilih WO. Anda perlu berpikir kreatif untuk dapat menjadi pemenang dalam persaingan yang akan menghasilkan keuntungan besar. Lakukan promosi dengan cerdas agar WO anda lebih dikenal. Ada banyak cara kreatif yang bisa anda lakukan untuk menjalani promosi tersebut seperti memanfaatkan media sosial, menjadi WO untuk teman atau keluarga sendiri, memberikan harga khusus, dan lain sebagainya.

4. Buat Konsep Pernikahan Unik dengan Tim yang Solid

Langkah sukses lain yang perlu anda perhatikan dalam bisnis WO adalah selalu membuat konsep menarik untuk pernikahan dan harus up to date. Selain itu, anda perlu punya tim yang solid karena bisnis ini tidak mungkin dikerjakan sendiri. Dengan Tim yang solid maka hasil jasa layanan yang diberikan akan lebih maksimal dan dapat memberikan kesan positif dari para pelanggan. Ide kreatif dan konsep wedding bisa kamu dapatkan di berbagai sumber di internet misalnya melalui pinterest, grup terkait wedding organizer di facebook ataupun quora atau dengan mengikuti event pameran terkait wedding.

5. Membuat Pilihan Paket Beragam sesuai dengan Kebutuhan Client

Tidak dapat dipungkiri, dengan banyaknya pilihan paket konsep pernikahan akan membuat client mudah menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Namun, tidak melulu untuk memenangkan persaingan kita harus memberikan harga yang murah, karena inti dari jasa wedding organizer ini adalah konsep yang bagus, unik dan memberikan kesan yang mendalam bagi calon pasangan dan tamu undangan. Anda bisa memulai membuat paket pernikahan sesuai dengan adat pernikahan, konsep outdoor/indoor, mewah atau simple, serta berbagai ide paket lainnya.

Dengan memperhatikan langkah dan kiat sukses dalam memulai bisnis WO di atas, semoga intuisi kita semakin terasah untuk memulai bisnis ini. Bisnis wedding organizer punya peluang keuntungan besar namun persaingannya tinggi sehingga harus diatur dengan tepat ketika akan memulai bisnis tersebut. Selamat mencoba!

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here