Home Bisnis Mengolah Kayu Bekas Palet Menjadi Karya Kreatif

Mengolah Kayu Bekas Palet Menjadi Karya Kreatif

0 Shares

Kayu palet merupakan salah satu bahan baku yang biasanya dibentuk dari perpaduan kayu yang keras dengan sebuah triplek. Ketika anda memiliki kayu palet yang tidak terpakai di rumah, maka anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan barang yang bermanfaat. Dengan sentuhan kreatifitas, maka kayu bekas palet akan menjadi sebuah barang yang unik.

Memakai kayu palet untuk dijadikan perabotan dan berbagai ornamen dekorasi adalah sebuah alternatif terbaik untuk anda yang ingin punya rumah dengan desain unik. Kayu palet memang bisa disulap menjadi barang apapun. Setidaknya ada beberapa produk yang bisa dibuat dari kayu bekas palet.

List Ide Produk Dari Kayu Bekas Palet

1. Ranjang Gantung

Copyright: Kurt Lischka

Ranjang gantung atau swing bed merupakan sebuah produk yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu palet bekas dan proses pembuatannya dilakukan dengan menyatukan kayu palet mendatar dengan luas sesuai dengan keinginan. Kemudian anda bisa mengaitkan keempat sudutnya dengan menggunakan tali tambang atau memakai rantai besi.

Pada bagian rangka atap kamar, maka anda bisa menyimpan atau menaruh kasur di atas kayu palet yang sudah tergantung sebelumnya. Untuk keamanannya, pastikan anda memeriksa kekuatan bahannya dan anda juga harus memeriksa bagian balok rangka atao tempat anda kaitkan ranjang gantungmu.

2. Ruang Artistik Dengan Plafon Gantung

Arsitek Hiroki Tominaga – Atelier 

Plafon gantung memang biasanya terbuat dari bahan gypsum yang di gantung dengan menggunakan kerangka besi, namun anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan kayu bekas palet. Plafon gantung menggunakan kayu bekas palet yang mampu menambah kesan artistik pada suatu ruangan.

Plafon dari kayu bekas palet juga bisa anda beri warna dengan menggunakan cat atau anda juga bisa menggunakan plitur untuk hasilkan tampilan yang alami. Anda juga bisa mengecatnya dengan menyelaraskan warna plafon dengan dinding ruangan dan langit-langit sebuah rumah.

3. Sofa

https://woodstock.co.id

Anda bisa membuat atau menyusun kayu bekas palet secara horizontal sebagai bagian dudukan dan bagian sandaran sofanya. Apabila anda membuat sofa yang minimalis, maka anda tinggal menyusun kayu palet secara vertikal.

Tiga bagian yang sudah anda buat, tentu tinggal disatukan dan silahkan anda tambahkan bantalan untuk bagian sandaran dengan dudukannya. Untuk membuat sofa yang konsepnya rustic, maka anda tidak perlu mengecat kayu bekas palet dan anda tinggal haluskan perlahan bagian yang berbahaya.

4. Meja Kopi

https://ms.gwsigeps.com/

Untuk membuat sebuah meja kopi yang unik, maka anda bisa menumpukkan 2 set kayu palet dengan mendatar dan anda bisa membuat meja kopi yang bentuknya persegi dengan konsep yang simpel. Untuk hasilkan kesan yang stylish, anda juga bisa menambahkan selapis kaca pada bagian permukaan.

Anda juga bisa menambahkan roda pada keempat sudut bagian bawah, sehingga meja kopi yang anda buat lebih mudah untuk dipindahkan. Meja kopi yang telah anda buat bisa disimpan di ruang tamu, teras atau di ruang keluarga.

5. Ayunan Nyaman

https://www.rumahkuunik.com/

Ayunan menjadi sebuah alat bersantai yang populer di Indonesia dan pembuatan ayunan bisa menggunakan berbagai jenis bahan. Bekas kayu palet bisa anda pakai sebagai kursi panjang di sebuah ayunan. Anda tinggal kait dengan memakai rantai dan andapun bisa miliki ayunan anak yang unik.

Apabila anda ingin ayunan yang lebih bagus, maka anda bisa menambahkan kayu palet dan memasangnya secara vertikal untuk sandaran ayunan. Anda bisa menaruh beberapa bantalan alas kursi yang permukaannya empuk. Dengan menggunakan ayunan kayu palet ini, maka anak-anak bisa bermain dan bersenang-senang menggunakan ayunan.

6. Ornamen Taman Vertikal

https://www.rukita.co/

Taman vertikal biasanya dibuat di bagian dinding rumah dan material pembuatan taman vertikal sangatlah beragam. Kayu palet menjadi salah satu meterial yang bisa dipakai untuk membuat taman. Anda juga bisa menambahkan berbagai papan tambahan sebagai tempat untuk meletakan atau menyimpan tanaman.

Anda bisa menambahkan lapisan pernis atau bisa menggunakan plitur di kayu palet, sehingga taman vertikal anda akan nampak alami dan bisa langsung menyatu dengan tanaman. Taman vertikal juga bisa anda cat atau warnai dengan warna yang sesuai atau selaras rumah.

7. Rak Dinding

rumahpedia.info 

Rak dinding adalah sebuah rak yang menempel di dinding dan rak ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau kayu khusus. Dengan konsep yang kreatif, maka anda bisa membuat rak dinding yang berkualitas dan anda bisa membuat rak dinding dengan bahan apapun. Anda bisa melihat berbagai inspirasi rak dinding unik di internet.

Rak dinding sangat bisa dibuat dari bahan kayu bekas palet dan anda hanya tinggal memotong kayu sesuai dengan keinginan, sehingga bentuknya unik. Anda bisa menempelkan berbagai pajangan di rak dinding seperti plakat, bingkat foto dan berbagai barang lainnya.

8. Meja Sudut

Apabila anda memiliki kayu bekas palet, maka anda bisa memanfaatkan kayunya untuk membuat meja sudut yang unik. Anda bisa mulai dengan menyusun palet membentuk sebuah balok. Meja sudut bisa anda letakan di sudut ruang tamu anda atau bisa juga disimpan di samping tempat tidur. Pada meja sudut, anda bisa meletakan mejalah, buku atau berbagai bacaan lainnya.

Bagian atasnya, bisa anda lengkapi dengan lampu meja yang bentuknya unik. Dengan memanfaatkan kayu bekas palet yang tidak terpakai, maka anda bisa irit biaya dan anda bisa membuat perabotan rumah lebih lengkap.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengolah kayu bekas palet menjadi karya kreatif dan semoga semua bahasan yang dicantumkan dalam artikel bermanfaat untuk para pembaca.

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here