Home Bagaimana cara memulai bisnis yang mudah?

Bagaimana cara memulai bisnis yang mudah?

2.19K viewsBisnis
0

Salah satu hambatan yang paling nyata bagi saya adalah tidak adanya modal, bagaimana cara memulai bisnis dengan mudah mulai dari hal yang sederhana?

Kawan Kreatif Answered question December 10, 2020
0

Jawaban Handy Phang Wiranata (Quora)

Ada 3 tahap awal sebelum anda memulai.

Saya kurang setuju dengan pemikiran langsung nyemplung jangan banyak berpikir. Karena bisnis yang dimulai tanpa market research sangatlah sulit berkembang. Jauh lebih mudah mengumpulkan semut jika anda menaruh gula di jalur mereka.

Ok lets start!

#1 Lihat demand / permintaan pasar.

Misalnya daerah A membutuhkan toko sembako, karena populasi masyarakat yang tinggi namun belum ada toko sembako disekitar sana. Setelah menentukan permintaan pasar, berikutnya kita ke tahap 2!

#2 Buat struktur bisnis anda.

Tahap ini yang banyak dilewati pelaku bisnis. Saya mengerti jika bisnis baru mulai mana bisa pekerjakan banyak orang! Tenang, akan saya jelaskan. Ambil kertas, tulis peran-peran apa saja yang dibutuhkan supaya toko anda bisa berjalan tanpa anda. Contoh :

Kepala Operasional, memastikan toko bisa berjalan dengan lancar, termasuk sistem kasir . Melapor ke Direktur.

Kepala Keuangan, memastikan bahan-bahan yang dibeli adalah kualitas terbaik dengan harga terbaik dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan keluar-masuk uang. Melapor ke Direktur.

HRD, mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan. Melapor ke Direktur.

Purchasing, orang yang membeli bahan-bahan di lapangan. Melapor ke Kepala Keuangan.

Dan lain-lain.

Konyol, hanya toko sembako kok pake ribet-ribet? Anda harus memulai bisnis dengan mind-set yang besar. Maksudnya, ciptakan sistem yang sangat rapih sampai anda bisa menjual sistem tsb ke Franchisee. Mungkin saat baru mulai kebanyakan Job Role diisi oleh nama anda sendiri, tidak masalah! Selama anda punya gambar besarnya, anda akan jauh lebih cepat berkembang.

#3 Cari Modal!

Hitung berapakah dana yang anda butuhkan untuk membeli bahan-bahan toko sembako ini.

Sekarang hitung berapa biaya operasional toko, harga sewa, gaji karyawan, listrik, maintenance dll. Asumsikan 3–6 bulan pertama bisnis anda belum menghasilkan profit.

Hitung biaya marketing, advertising ke medsos.

Setelah tau total nominal nya, tambahkan 20% utk biaya darurat.

Naaah sekarang kemana cari modalnya? Saran saya sih, jangan pinjam ke bank. Tapi kumpulkan dana dari sanak saudara, teman yang se pemikiran. Jika sudah tidak ada opsi lainnya, baru carilah bank.

Sekarang anda punya gambaran besar dan kerangka bisnis yang kuat. Anda tau target market, anda tau harus mengembangkan ke arah mana.

Belajarlah dari orang2 yang sudah berhasil mendirikan toko sampai bisa di Franchise, ikuti langkah2 mereka, tanya proses dan tantangan.

Saya jamin anda akan menghemat banyak dana dan waktu.

Kawan Kreatif Answered question December 10, 2020
You are viewing 1 out of 1 answers, click here to view all answers.