Home Bisnis Strategi Membangun Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19

Strategi Membangun Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19

0 Shares

Bisnis online merupakan salah satu peluang yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa batasan umur. Sayangnya, perlu pengetahuan yang banyak agar tidak terbengkalai dan bisnis tersebut jalan di tempat. Apalagi di masa-masa sulit seperti saat wabah Covid-19 menyerang kita saat ini. Sebab, tidak hanya Indonesia saja yang terkena dampaknya. Namun, seluruh dunia merasakan dampak wabah ini. Nah, bagaimana caranya membangun bisnis online di masa pandemi Covid-19 ini? Tentu, dibutuhkan pemikiran kritis dan ide-ide kreatif. Misalnya saja menerapkan ketentuan teori ekonomi kreatif. Kenapa harus menerapkan teori ekonomi kreatif.

Ya, bayangkan saja sekarang ada banyak yang butuh penghasilan. Tidak sedikit karyawan yang dirumahkan. Tentu, jika ingin bersaing dan mendapatkan keuntungan, kita harus lebih kreatif, bukan? Nah, mengajukan ide-ide kreatif tersebut ada di dalam teori ekonomi kreatif. Dimana penduduk memang diharapkan mampu berpikir secara kritis. Menemukan apa peluang walaupun ditengah kesusahan sekalipun. Sebab, selalu ada peluang usaha namun memang harus berusaha mencarinya. Jika kita hanya menggunakan ide bisnis yang sama seperti ide bisnis kebanyakan, pasti pesaingnya juga banyak. Cobalah mencari ide yang lebih segar namun memiliki nilai jual.

Apa Saja Contoh Bisnis Terapan Dari Teori Ekonomi Kreatif?

Untuk masalah bisnis yang merupakan terapan dari teori ini, tentu akan ada banyak sekali. Namun, yang kita perlukan saat ini adalah jenis bisnis yang diperlukan dan bertahan di masa pandemi. Dimana semua orang memiliki masalahnya masing-masing, terutama masalah finansial. Namun, beberapa contoh ide ekonomi kreatif di bawah ini bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin mencoba, yakni:

  • Advertising
    Pengiklanan mungkin terdengar sepele. Namun, ditengah masalah oandemi covid-19 yang sekarang melanda dunia, bisnis ini pasti dibutuhkan. Sebab, ada banyak usahawan yang ingin bertahan dengan bisnis mereka. Tentunya mereka membutuhkan media atau yang memberikan layanan iklan agar bisnis mereka dikenal banyak orang.
  • On Demand Service
    Beberapa layanan yang bisa dipanggil kapan saja dari rumah ke rumah juga merupakan bisnis bernilai saat ini. Misalnya saja untuk terapi pijat, membersihkan rumah, tutorial belajar online atau jenis layanan lainnya. Yang jelas, ada banyak kebutuhan yang membutuhkan layanan responsif dari penyedia jasa seperti anda tersebut.
  • Layanan Makanan
    Siapa sangka, ditengah wabah ini peraturan agar jaga jarak dan stay at home membuat pesanan makanan jadi trend. Dimana orang-orang lebih memerlukan pelayanan pesanan antar makanan yang siap membuat serta mengantarkan makanan mereka. Jadi, mereka tidak lagi perlu keluar rumah hanya untuk mencari makanan ketika merasa lapar. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak.
  • Produk Kesehatan
    Pandemi covid-19 ini mengajarkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan peralatan kebersihan. Misalnya saja antiseptik, masker atau multivitamin. Jadi, jika anda ingin memulai bisnis online tidak ada salahnya mencoba menjual produk-produk kesehatan.
  • Aksesoris, Perlengkapan Dapur dan Pakaian
    Siapa sangka, belanja online menjadi salah satu aktivitas banyak orang di tengah pandemi covid-19. Ini disebabkan adanya peraturan untuk tetap di rumah. Sehingga, banyak orang yang menggunakan waktu luangnya untuk mencari produk kekinian. Bahkan, mereka lebih suka memasak dan melengkapi perabotan dapur akibat banyaknya waktu luang di rumah.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Tersebut?

Untuk memulai sebuah bisnis online, juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Walaupun terdengar lebih mudah dibanding dengan bisnis konvensional. Tetap saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis tersebut tidak kandas ditengah jalan. Agar tidak salah, berikut cara memulai bisnis online yang dianjurkan, yaitu:

  • Menentukan Jenis Bisnis
    Apa yang ingin anda mulai? Apakah bisnis makanan? Pakaian, aksesoris atau mungkin perlengkapan dapur? Nah, tentukan terlebih dahulu apa bisnis online yang akan anda mulai tersebut. Jangan lupa, perhatikan kebutuhan masyarakat. Apalagi selama pandemi ini. Pasti ada banyak kebutuhan yang muncul. Pertimbagkan dengan matang bisnis apa yang sekiranya cocok untuk dimulai. Tentunya memiliki nilai jual dan dibutuhkan banyak orang. Untuk acuan, anda bisa melihat beberapa pilihan terapan bisnis dari ekonomi kreatif yang kita bahas di poin sebelumnya.
  • Menentukan Platform Jualan
    Setelah menentukan pilihan bisnis apa yang ingin anda buka. Tentukan juga platform jualan yang akan digunakan. Apakah anda akan menggunakan website berupa toko online pribadi? Menggunakan media sosial? Atau bergabung sebagai salah satu penjual di marketplace? Apapun pilihan anda, tentu ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, untuk lebih maksimal atau jika anda memiliki waktu luang. Kenapa tidak menggunakan ketiga pilihan tersebut? Dengan itu, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar.
  • Upload Foto Produk
    Usahakan, untuk menggunakan file foto produk secara asli. Hal ini akan menambah kepercayaan para pembeli. Tidak hanya itu, akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Semakin unik foto produk kita maka akan semakin mudah ditemukan. Sebagai pembeli, tentu lebih yakin dengan foto asli ketimbang foto yang ada di internet, bukan?
  • Fokus
    Nah, yang terakhir hanya perlu fokus untuk promosi, update stok barang serta menyesuaikan harga jual. Jangan lupa juga meningkatkan kualitas pelayanan. Usahakan, para pembeli terkesan dengan produk, harga serta pelayanan anda tersebut. Dengan ini bukan hal yang mustahil mereka akan berbelanja lagi dilain waktu.

Bagaimana Agar Bisnis Online Tetap Bertahan Di Masa Pandemi?

Memulai sebuah bisnis mungkin tidak terlalu sulit. Hal yang lebih sulit adalah bertahan dan mengembangkannya. Apalagi, di tengah pandemi dunia ini. Mustahilkah? Tentunya tidak. Anda hanya perlu lebih cerdas dan menerapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Persaingan Harga
    Salah satu penyebab bisnis online gulung tikar disaat pandemi adalah masalah harganya yang tidak bersaing. Coba bayangkan, anda menjual frozen food jauh lebih mahal ketimbang penjual lain dengan merk, jenis dan ukuran yang sama. Tentu, banyak orang lebih memilih penjual yang memberikan harga lebih murah, bukan? Agar tidak kalah saing. Cari tahu berapa harga pasaran untuk produk yang anda jual tersebut.
  • Jenis Produk
    Jangan salah, pemilihan produk yang dijual juga menentukan nasib bisnis online ketika masa pandemi loh. Membangun bisnis online di masa pandemi covid-19 ini juga harus selektif akan produk yang dijual. Sangat disarankan menjual produk-produk yang berhubungan dengan protokol kesehatan serta kebutuhan masyarakat. Jangan khawatir, beberapa gambaran contohnya sudah dibahas di atas.
  • Promosi dan Komunikasi
    Kehebatan promosi memang sudah tidak diragukan lagi. Dimana banyak produk yang memiliki harga promo pasti lebih banyak dilirik. Apalagi di masa pandemi sekarang ini. Dimana kebutuhan meningkat namun pemasukan kian berkurang. Jadi, jika masyarakat menemukan produk dengan promo menarik pasti langsung menginginkannya. Jangan lupa, komunikasi yang baik kepada pelanggan juga kunci keberhasilan sebuah bisnis.

Nah, bagaimana? Tidak terlalu sulit menerapkan ide dari ekonomi kreatif dalam membangun bisnis online di masa pandemi covid-19 ini, bukan? Salam Sukses.

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here