Home Bisnis Tips Memasarkan Produk Lokal Ke Luar Negeri

Tips Memasarkan Produk Lokal Ke Luar Negeri

Pastinya, setiap orang memimpikan bisnisnya berhasil bahkan ingin  produknya masuk ke pasar luar negeri. Hal tersebut mungkin terjadi jika kita memahami konsep ekonomi kreatif. Memang memasarkan produk lokal ke luar negeri terlihat sulit. Namun, dengan belajar ekonomi kreatif dan memanfaatkan teknologi digital, memasarkan produk lokal ke luar negeri menjadi lebih mudah.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara memasarkan produk lokal ke luar negeri supaya sukses? Pada dasarnya, tips memasarkan produk lokal ke luar negeri sama halnya dengan konsep memasarkan produk di dalam negeri. Perbedaannya hanya pada target pasar dan strategi yang harus kita kembangkan.

Nah, apa saja tips memasarkan produk lokal ke luar negeri? Sebelum mempelajarinya, alangkah baiknya jika Anda memahami konsep ekonomi kreatif. Tujuan mempelajari ekonomi kreatif supaya tercipta bisnis yang inovatif dan kreatif. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Konsep Ekonomi Kreatif di Bidang Pemasaran Produk

Bagi pelaku bisnis, tentunya Anda pernah mendengar ekonomi kreatif. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif itu? Ekonomi kreatif merupakan suatu konsep yang mengedepankan ide kreatif sumber daya manusia dan teknologi informasi. Konsep ekonomi kreatif ini sudah lama diterapkan di perekonomian negara maju.

Di negara maju, konsep ekonomi kreatif dalam dunia bisnis dinilai sangat menguntungkan. Hal tersebut karena penerapan konsep ekonomi kreatif dapat menghemat biaya produksi sehingga keuntungan yang didapat oleh suatu usaha meningkat.

Adapun kunci utama ekonomi kreatif ini adalah ide, kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki manusia. Anda pun dapat menggunakan konsep ekonomi kreatif di bisnis Anda, terutama saat memasarkan produk. Salah satu caranya adalah masukkan konsep ekonomi kreatif  di iklan pada produk Anda. Pastinya, dengan menggunakan konsep ini iklan produk Anda akan dilirik  oleh konsumen baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

7 Tips Memasarkan Produk Lokal Ke Luar Negeri

Suatu produk dikenal dan diminati di dunia internasional merupakan dambaan setiap orang. Tentunya, untuk menjadikan produk lokal dikenal dan diminati di luar negeri membutuhkan tips pemasaran yang jitu. Untuk mengembangkan tips pemasaran yang jitu ini dibutuhkan konsep ekonomi kreatif.

Nah, apa saja konsep ekonomi kreatif yang dapat diterapkan untuk memasarkan produk lokal ke luar negeri? Berikut ini adalah tips memasarkan produk lokal ke luar negeri.

1. Daftarkan Legalitas Usaha Anda

Tentu saja, sebelum memasarkan produk lokal ke luar negeri, Anda harus memastikan tentang legalitas usaha Anda. Pastikan, produk Anda sudah terdaftar sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Hal tersebut bertujuan supaya saat Anda mengirimkan produk ke luar negeri, produk tersebut tidak ditolak.

Umumnya, legalitas usaha yang harus dipenuhi oleh suatu usaha baik UMKM maupun usaha besar adalah sebagai berikut.

  • Harus memiliki Surat Izin Perdagangan Usaha atau SIUP.
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.
  • Harus ada Tanda Daftar Perusahaan atau TDP.
  • Memiliki surat pernyataan mutu produk.
  • Faktur perdagangan sampai dengan wesel ekpsor.

Tujuan legalitas tersebut supaya jika nanti produk Anda bermasalah, Anda akan mendapat perlindung dari pemerintah. Jadi, bisnis Anda tidak hanya diminati di dalam negeri saja melainkan juga di luar negeri.

2. Perhatikan Tren Pasar Secara Global

Tidak bisa dipungkiri suatu produk diciptakan karena tren pasar. Oleh karena itu, salah satu tips memasarkan produk lokal ke luar negeri adalah memperhatikan produk lokal yang diminati di pasar global. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Tentukan target pasar, yaitu lakukan riset negara mana yang menyukai produk Anda.
  • Jika produk Anda kurang diminati di pasar global, terapkan konsep ekonomi kreatif ke produk Anda. Misalnya, lakukan inovasi produk dan lakukan promosi yang bisa diterima di pasar global.

3. Pastikan Anda Dapat Berkomunikasi dengan Menggunakan Bahasa Internasional dengan Baik

Memang memasuki pasar global atau melakukan go international gampang-gampang susah. Namun, jika kita bisa berkomunikasi dengan baik, berinteraksi dengan konsumen di luar negeri menjadi lebih mudah. Artinya sebelum Anda memasarkan produk ke luar negeri, Anda harus belajar bahasa internasional dengan baik.

Pastikan Anda belajar bahasa asing dengan baik, supaya Anda dapat menarik banyak konsumen di luar negeri. Percayalah, menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

4. Cobalah untuk Memproduksi Produk Lokal yang Limited Edition

Satu lagi tips memasarkan produk lokal ke luar negeri adalah dengan cara memproduksi barang yang limited edition. Pada umumnya, konsumen menyukai barang yang limited edition daripada barang yang diproduksi dalam jumlah besar. Selain itu, pastikan Anda memproduksi produk lokal yang unik berbeda dengan produk lokal kebanyakan. Nah, dengan cara tersebut, tentunya produk lokal milik Anda akan diminati konsumen di luar negeri.

5. Gunakan Internet sebagai Media Pemasaran Anda untuk Beriklan

Saat ini, internet semakin marak bahkan hampir seluruh lapisan masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri menggunakan internet. Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis karena dapat digunakan sebagai media pemasaran.

Perlu Anda ketahui, internet merupakan media pemasaran yang menguntungkan bagi pelaku bisnis. Hal tersebut karena dapat menghemat biaya produksi iklan. Jangan lupa untuk menerapkan konsep ekonomi kreatif pada iklan produk Anda, supaya produk lokal Anda menarik perhatian konsumen luar negeri.

6. Pastikan Metode Pembayaran yang Anda Gunakan Memenuhi Standar Internasional

Tentu saja saat Anda memutuskan untuk melakukan pemasaran produk yang go international, Anda harus memerhatikan metode pembayarannya. Perlu diingat, metode pembayaran yang akan Anda gunakan merupakan salah syarat konsumen luar negeri melirik produk Anda.

Umumnya, konsumen luar negeri akan melakukan pembelian jika metode pembayaran yang digunakan memenuhi standar internasional. Hal tersebut karena metode pembayaran yang memenuhi standar internasional memudahkan kita dalam melakukan transaksi jual beli antar negara. Contoh metode pembayaran yang umumnya dipakai secara internasional adalah western union, kartu berlogo Master Card, Visa sampai dengan Pay Pal.

7. Gunakan Pengiriman Barang yang Memenuhi Standar Internasional

Selain metode pembayaran yang harus diperhatikan, tips memasarkan produk lokal ke luar negeri lainnya adalah proses pengiriman barang. Tentu saja, konsumen luar negeri akan memilih produk lokal yang menggunakan proses pengiriman barang yang memenuhi standar internasional.

Memang pilihan jasa pengiriman barang ini terlihat sepele, namun ternyata menjadi salah satu syarat konsumen membeli barang produk lokal. Hal tersebut karena konsumen luar negeri umumnya sangat memperhatikan keamanan barang saat dikirim.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan proses packing barang yang akan Anda kirim. Pastikan, packing barang dengan baik dan menarik supaya barang tidak mudah rusak. Perhatikan juga perhatikan kualitas material packing, supaya tidak merusak barang.

Itulah tips memasarkan produk lokal ke luar negeri. Anda dapat menerapkan tips tersebut pada produk Anda. Perlu diingat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika Anda mau berusaha dan belajar. Selamat mencoba dan semoga produk Anda diminati secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here