Home Branding 7 Tips Memilih Topik Podcast yang Menarik

7 Tips Memilih Topik Podcast yang Menarik

0 Shares

Podcast merupakan salah satu berkas digital yang awalnya hanya mengandalkan audio, namun sekarang banyak yang dikembangkan dengan tampilan videonya. Podcast sifatnya audio non streaming, sehingga sistem kerjanya sangatlah berbeda dengan radio. Podcast menjadi tempat yang cocok untuk mendengarkan berbagai hal penting yang muncul di Indonesia atau berbagai hal yang sifatnya pengetahuan.

Topik podcast yang populer di Indonesia sangatlah banyak dan pelaku podcastnya juga semakin bertambah dari waktu ke waktu, karena minat pendengarnya sangatlah tinggi. File audio di podcast bisa di edit dulu sebelum di bagikan secara luas, sehingga sangat berbeda dengan radio yang tidak bisa di edit. Untuk anda yang ingin memiliki podcast, tentu anda beberapa cara memilih topik podcast yang menarik.

Cara Memilih Topik Podcast yang Menarik

1. Konten yang Anda Sukai

Cara memilih topik podcast yang menarik juga bisa dilakukan dengan memilih konten yang anda senangi dan hal ini bisa dijalankan sesuai dengan kebiasaan anda. Apabila anda sering menonton konten-konten yang berbau potilik, maka anda bisa memilih topik politik dalam podcast. Anda bisa mengundang narasumber yang ada kaitannya dengan politik.

Dengan membuat podcast yang sesuai dengan kesukaan, maka anda bisa membuat kontennya dengan hati yang senang dan dalam proses pembuatannya bisa berjalan dengan lancar. Podcast yang berkualitas juga harus ditunjang dengan kamera yang bagus dan hasil editing yang berkelas, sehingga podcast anda bisa lebih menarik untuk disaksikan.

2. Analisa

Topik podcast yang menarik akan membuat anda lebih sukses dalam menjalankan profesi sebagai seorang Podcast. Cara menentukan topik bisa anda lakukan dengan melakukan analisa data dan cara menganalisanya bisa dilakukan dengan memakai keyword planner atau menggunakan perangkat lainnya. Analisa data juga penting untuk hasilkan konten podcast yang berkualitas.

Analisa data akan membuat anda mengetahui berbagai bahasan yang sedang populer di masyarakat Indonesia. Apabila anda sudah mengetahui bahasan yang terkenal, maka anda bisa membahas hal tersebut dalam podcast. Analisa data bisa dilakukan secara manual atau menggunakan bantuan perangkat tertentu, agar proses analisa data lebih cepat.

3. Ikuti Podcast yang Populer

Podcast yang populer di Indonesia sangatlah banyak dan setiap podcast memiliki kelebihan dengan kekurangan masing-masing. Podcast yang populer di Indonesia seperti podcast Deddy Corbuzier, Raditya Dika dan berbagai podcast lainnya. Semua jenis podcast pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda bisa mengikuti podcast yang sudah populer, sehingga peluang untuk suksesnya terbuka lebar. Dengan mengikuti podcast yang sudah sukses, maka anda bisa membuat podcast lebih mudah untuk diterima masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya jumlah pemilik podcast, maka anda bisa mengikuti jejak kesuksesan podcast yang sudah berhasil.

4. Podcast Komedi

Komedi menjadi salah satu genre yang sangat disukai masyarakat, sehingga banyak sekali komedi yang dijadikan konten youtube. Untuk membuat sebuah podcast, anda bisa mengambil jalur komedi dan anda bisa mengundang berbagai komedian untuk tampil di podcast anda. Komedian pasti memiliki cara untuk meningkatkan kualitas suatu podcast.

Podcast komedi sangatlah cocok dibuat di Indonesia, karena jumlah komedian di Indonesia sangatlah banyak dan penyuka dunia komedi di Indonesia sangatlah tinggi. Salah satu komedian yang berhasil membawakan podcast komedi adalah Entis Sutisna atau Sule dan kebanyakan yang diundang Sule yaitu komedian asal Jawa Barat.

5. Berani Tampil Beda

Podcast yang menarik juga bisa dibuat dengan menyajikan hal yang unik, karena hal unik akan menjadi daya tarik tersendiri buat para penonton. Anda bisa menciptakan podcast yang berkualitas dengan menampilkan hal yang berbeda dan hal ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku podcast terkenal yang ada di Indonesia.

Hal unik yang membuat anda berbeda bisa diambil dari berbagai hal sederhana dan bisa diambil dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Semakin unik bahasan podcastnya, maka akan semakin banyak penonton yang mendengarkan podcastnya. Anda harus mencari titik beda dengan podcast lain, sehingga podcast anda bisa lebih cepat berkembang.

6. Podcast yang Related Dengan Keseharian Masyarakat Indonesia

Podcast yang related dengan keseharian masyarakat Indonesia memang tidak melulu soal kemewahan, karena bisa juga mengambil topik podcast yang sedehana. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang paling menonjol adalah nongkrong, ngobrol dan berbagai kebiasaan lainnya. Anda bisa mulai dengan podcast yang konsepnya nongkrong.

Podcast nonkrong sudah banyak dilakukan oleh channel besar di Indonesia seperti podcast Semprod di Kuy Entertainment, Vincent & Desta dan berbagai channel lainnya. Podcast dengan konsep nongkrong, tentu lebih mudah untuk dijalankan dan lebih mudah untuk dilakukan, karena modalnya tidaklah terlalu besar.

7. Cari Inspirasi Dari Luar Negeri

Pelaku podcast di luar negeri juga sangatlah banyak dan jenis kontennya bervariasi. Anda bisa memilih topik podcast yang mengikuti atau mencontoh podcast luar negeri. Anda bisa menggunakan konsep amati tiru dan modifikasi, sehingga tidak menjiplak seratus persen. Dengan mendengarkan podcast luar negeri, maka wawasan anda akan semakin terbuka.

Podcast yang berkualitas juga harus memiliki topik yang jelas, sehingga target penontonnya tepat. Anda jangan membuat podcast dengan konten-konten yang campur aduk, karena akan membuat penikmat podcast menjadi binggung. Lakukan pebuatan konten secara konsisten, sehingga podcast anda lebih diperhatikan dan ditunggu-tunggu para penonton.

Demikian ulasan lengkap mengenai Cara Memilih Topik Podcast yang Menarik dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here