Home Manajemen Peluang Usaha Menjadi Admin Sosial Media

Peluang Usaha Menjadi Admin Sosial Media

Peluang Usaha Menjadi Admin Sosial Media Yang Menguntungkan
0 Shares

Memiliki usaha sendiri sudah menjadi salah satu bentuk harapan dan keinginan banyak orang, baik yang saat ini sudah bekerja maupun baru mau mencari pekerjaan. Banyak orang yang merasa lebih menguntungkan memilik usaha sendiri dibandingkan harus bekerja dengan orang lain. Menemukan ide usaha atau peluang usaha baru yang dapat menghasilkan tentu bukan perkara mudah dan memang harus dipikirkan dengan baik agar bisa memiliki usaha menguntungkan.

Salah satu ruang yang bisa menjadi ide bisnis adalah sosial media. Ada banyak bentuk usaha dan bisnis yang bisa dijalankan dengan sosial media. Perkembangan pengguna sosial media ternama seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, hingga munculnya beberapa platform video seperti Youtube dan Tiktok menjadi ladang usaha yang bisa menghasilkan ketika dimanfaatkan dengan baik. Bisnis online dari sosial media sudah sangat menjamur saat ini karena memang terbukti bisa memberikan keuntungan.

Banyak tipe bisnis yang memanfaatkan sosial media sebagai wadah utama mendatangkan penjualan. Mulai dari online shop, jasa titip, reseller, bahkan konten kreator pasti memanfaatkan sosial media untuk kebutuhan komersialnya. Bukan hanya itu, para artis dan pejabat publik saat ini juga memanfaatkan sosial media sebagai media promosinya. Dari banyaknya usaha memanfaatkan sosial media tersebut tentu bisa anda manfaatkan untuk menjalankan sebuah bisnis penunjang di luar aktivitas bisnis online yang sudah ada.

Admin Sosial Media Jadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Salah satu peluang usaha yang dapat anda manfaatkan di tengah maraknya kebutuhan promosi di sosial media untuk berbagai kebutuhan adalah menyediakan jasa admin. Menjadi admin dari sebuah sosial media merupakan jasa yang menguntungkan dan dapat memberikan keuntungan lebih karena memang kebutuhannya tinggi. Banyak dari pemilik sosial media yang membutuhkan admin untuk membantu mengelola dan menjalankan sosial medianya.

Peran dari admin sosial media saat ini sangat penting untuk dapat menjalankan akun sosial media agar tetap aktif demi mendapatkan tujuan yang diharapkan. Membuat jasa admin jadi salah satu usaha menarik dan pastinya dapat memberikan keuntungan di tengah kebutuhan “mimin” yang tinggi. Untuk dapat memulai usaha jasa admin tersebut anda tentu harus mengenal lebih jauh dan mendalam tentang admin media sosial.

Peran Admin Dalam Sosial Media Dan Rincian Pekerjaannya

Admin sosial media merupakan seseorang yang bertugas untuk mengelola sebuah akun dalam platform sosial media. Pengelolaan dan pengoperasian akun yang dilakukan oleh admin tersebut tentu punya tujuan baik untuk kebutuhan promosi, jualan, hingga penyampaian informasi dari sebuah brand dan sosok atau orang terkenal kepada para pengguna sosial media serta internet secara umum.

Pekerjaan sebagai admin sosial media memang terkesan simpel dan sederhana namun ternyata cakupan kerjanya cukup banyak. Admin dituntut untuk selalu up to date dan memahami pasar dengan baik sesuai akun yang dikelolanya. Admin media sosial bahkan dapat bekerja kapan saja atau 24 jam nonstop. Admin bukan hanya memposting konten, menjawab komentar, namun juga harus merencanakan semua aktivitas yang dijalaninya sesuai dengan tujuan dari akun sosial media yang dikelola.

Dengan perannya yang cukup banyak, admin tentu sangat dibutuhkan di era sosial media sebagai platform utama berselancar di internet saat ini. Dengan kebutuhan yang tinggi tersebut, ada dapat memanfaatkannya sebagai salah satu bentuk usaha menarik sekarang ini. Memulai usaha admin dapat dilakukan siapa saja asalkan mampu dan bisa menjalankannya dengan baik dan benar bukan asal mencoba.

Cara Memulai Usaha Menjadi Admin Sosial Media

Dengan adanya peluang membuat usaha sebagai admin tersebut, anda tentu harus memikirkan cara yang tepat dalam memulainya. Ada beberapa langkah penting yang perlu anda perhatikan dengan baik dalam memulai usaha untuk menjadi admin media sosial seperti disebutkan melalui ulasan langkah di bawah ini.

1. Tetapkan target dan tujuan pembuatan sosial media

Langkah awal yang perlu anda lakukan untuk dapat memulai usaha sebagai admin sosial media adalah mengenali peran dan fungsi admin secara tepat. Admin bertugas untuk mengelola, merencanakan dan mem-publish konten dalam periode harian, mingguan maupun bulanan. Tetapkan target yang diminta dari client untuk apa sosial media mereka dibuat. Beberapa opsi target antara lain untuk menciptakan awareness dari pengguna social media, menghasilkan penjualan produk, meningkatkan follower, atapun target lainnya.

Cara mudah untuk mempelajari bagian ini adalah dengan mengikuti beberapa akun sosial media yang sudah terkenal, dan perhatikan topik-topik yang diposting setiap harinya, atau dalam periode mingguan.

2. Buat profil sosial media anda sendiri sebagai portofolio awal

Setelah punya bekal pemahaman terkait dengan admin sosial media maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat sosial media sendiri. Pastikan anda punya sosial media yang terkelola dengan baik dimana nantinya dapat anda jadikan sebagai portofolio awal usaha menjadi admin media sosial.

3. Cara tawaran pekerjaan admin di platform pekerja lepas

Setelah kedua langkah awal yang disebutkan di atas sudah anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan awal. Anda bisa memanfaatkan platform penyedia jasa pekerja lepas atau freelance yang ada di internet saat ini seperti contohnya projects.co.id, sribulancer, fiver, freelancer.com, dan sebagainya. Di dalamnya tentu ada tawaran pekerjaan menjadi admin yang dapat anda coba. Coba lamar beberapa pekerjaan menjadi admin dan mulailah terbiasa untuk mengejakannya sampai punya pengalaman.

4. Bangun portofolio yang baik dan mulai usaha admin anda secara mandiri

Dari hasil bekerja dalam platform freelance tersebut anda bisa mulai menyusun portofolio yang baik sebagai modal keberlanjutan menjalankan usaha admin media sosial. Dengan portofolio yang anda punya, mulailah untuk menawarkan jasa admin media sosial ke berbagai pihak yang memang membutuhkan.

Memiliki sebuah usaha tentu harus dikelola dan dikembangkan secara perlahan agar hasilnya konsisten. Usaha admin media sosial menjadi pilihan usaha tanpa modal yang dapat anda manfaatkan untuk bisa memberikan hasil menguntungkan terutama ketika dijalani dengan cara tepat.

5. Gunakan bantuan tools management akun sosial media

Saat ini banyak platform online yang menyediakan aplikasi manajemen akun sosial media, yang membantu kita mengelola banyak akun sosial media. Manajemen akun sosmed ini akan membantu kita mulai dari merencanakan waktu posting dengan bantuan calender, mengatur jadwal otomatis publish, membantu menganalisis kata kunci caption postingan, sampai menyediakan fitur link bio untuk mengarahkan pengguna sosmed ke alamat link produk atau website produk lainnya. Beberapa platform yang sudah dikenal handal dalam manajemen akun sosial media, diantaranya Later.com, Hootsuite, Buffer, dlvr.it, Loomly, Sprout Social.

Temukan metode terbaik untuk mulai membangung bisnis admin sosial media dengan konsep ATM (amati, tiru dan modifikasi). Salam

0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here